SD N 02 Selokaton, Kec. Gondangrejo, Kab. Karanganyar, Prov. Jawa Tengah >>> ”TERWUJUDNYA SISWA SDN 02 SELOKATON YANG TAQWA UNGGUL HANDAL TANGGAP IPTEK DAN BERKARAKTER PANCASILA”>

Saturday, September 29, 2012

Materi KKG


Kelompok Kerja Guru (KKG) adalah suatu kelompok yang beranggotakan guru kelas pada satu wilayah tertentu yang berfungsi sebagai wadah pemecahan masalah-masalah pembelajaran di kelas juga sebagai wadah peningkatan wawasan, sharing antar guru serta sebagai wadah untuk meningkatkan kreativitas guru dalam pelaksanaan tugas dan kewajibannya. 
Berikut ini beberapa materi KKG Kecamatan Gondangrejo Kabupaten Karanganyar yang bisa di download oleh peserta :
  1. Penurunan Luas Bangun Datar
  2. Pengembangan Instrumen Penilaian Pembelajaran
  3. Pembelajaran Soal Cerita Operasi Hitung
  4. Jarak, Waktu dan Kecepatan
  5. Pecahan
  6. Bilangan Asli, Cacah dan Bulat 
  7. Aritmatika Sosial 
  8. Operasi Bilangan Bulat dgn Garis Bilangan


Murid yang dipersenjatai dengan informasi akan selalu memenangkan pertempuran. (Meladee McCarty)  
Semoga bermanfaat.

Friday, September 28, 2012

SERUNYA BERMAIN SAMA si "KACANG IJO"


oleh :  Nurul Isnaini*


3A
2012/2013
Ini dia kegiatan yang sudah ditunggu-tunggu warga kelas 3A
Praktikum IPA tentang Ciri-ciri Mahluk Hidup

 Teman-teman kita ini sedang melakukan pengamatan pada
Pertumbuhan Kacang hijau
cek this out.........



 Nah .... it's diskusi time...
semangat ya...jangan rebutan


wah serius banget tuh yang buat laporan.... 
Semoga kerja keras mereka membawa kebaikan, manfaat dan berkah untuk semua dan  menjadikan mereka anak-anak yang semakin berbakti kepada orang tua, berguna bagi nusa , bangsa dan masyarakat. Amin....

*Guru Kelas III/A SD N 02 Selokaton Kecamatan Gondangrejo Kabupaten Karanganyar

Thursday, September 27, 2012

BERMAIN BANGUN DATAR YANG MENYENANGKAN


Oleh : Suryo Hanjono*

Suryo Hanjono
Dunia anak adalah dunia bermain, yaitu dunia yang penuh spontanitas dan menyenangkan. Pada kondisi apapun anak mempunyai hak untuk senang atau gembira. Sesuatu akan dilaksanakan dengan semangat ketika anak tersebut memperoleh situasi yang menyenangkan. Dengan demikian anak akan total mengikuti kegiatan yang dapat menciptakan suasana gembira. Sebaliknya, anak akan segera menjauh dari suasana yang tidak menyenangkan.

Dengan karakteristik anak usia SD tersebut, guru dituntut dapat menciptakan suasana menyenangkan tersebut. Guru harus pandai dalam mengemas suatu langkah-langkah pembelajaran sehingga anak-anak tidak merasakan kegundahan dalam dirinya. Pembelajaran selayaknya dikemas menjadi suatu hal yang sangat ditunggu dan dinanti oleh anak-anak.

Banyak ditemui kasus seorang guru bertindak hanya sebagai penyampai informasi konvensional dengan metode ceramah dan anak menerima materi secara pasif karena mereka tidak mendapatkan situasi yang diharapkannya. Anak hanya dijadikan objek guru dalam pelaksanaan tugas dengan duduk, diam, dengar dan catat sehingga proses pembelajaran berjalan monoton dan tidak dapat menarik perhatian anak didik.
Budaya tersebut bisa disebabkab oleh kurangnya inovasi dan kreasi guru dalam menciptakan proses pembelajarannya sehingga anak akan merasa bosan dan jenuh. Keadaan ini sangat ironis dengan kedudukan dan peran matematika untuk pengembangan ilmu pengetahuan karena matematika merupakan induk ilmu pengetahuan dan sampai saat ini masih menjadi pelajaran yang dibenci atau tidak difavoritkan.
Berangkat dari hal tersebut, sudah selayaknya guru dengan cerdas harus dapat menemukan cara efektif dan menyenangkan bagi anak didiknya. Salah satu cara tersebut adalah dengan permainan edukatif sebagai media pembelajaran. Banyak permainan edukatif yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran matematika guna menumbuhkan semangat dan motivasi anak dalam mengikuti pembelajaran matematika, serta menjadikan dirinya sebagai sumber bagi anak didiknya dalam memahami matematika menjadi lebih mudah.

THE SPIRIT OF SBK...

Oleh : Nurul Isnaini*
3A

2011/2012


SBK not just for fun tapi ada manfaatnya juga lho.......seru gitu hehe..

Tujuannya sih melatih kerjasama tapi hebohnya, gak ketulungan................

But it's ok, yang penting happy..................





















*Nurul Isnaini (Guru Kelas III/A SD N 02 Selokaton Kecamatan Gondangrejo Kabupaten Karanganyar Prov. Jawa Tengah

Saturday, September 22, 2012

GURU ITU...................



Slamat pagi semua, kunantikan dirimu
Didepan kelasku, menantikan kami
Guruku tersayang…guruku tercinta…
Tanpamu apa jadinya aku…
Tak bisa baca tulis, mengerti banyak hal
Guruku terima kasihku…
By: Afi junior

D
ari lirik lagu diatas, dapat kita ketahui betapa pentingnya peran seorang guru dalam mencerdaskan kehidupan anak bangsa. Dan tanpa kita sadari guru merupakan salah satu teladan yang akan senantiasa mengiringi langkah kehidupan. Tapi apa jadinya jika guru yang patutnya kita jadikan teladan justru melakukan hal-hal yang tanpa disadari akan membentuk karakter siswa yang tidak baik.  
Ambillah contoh guru yang mengajar sambil bermain HP. Suasana kelas yang awalnya berjalan dengan kondusif, tiba-tiba dikejutkan oleh bunyi HP milik gurunya. Kegiatan belajar mengajar spontan berhenti dan semua siswa langsung  terfokus pada HP. Rasa ingin tahu mereka menyebabkan kelas menjadi ramai, adanya kesempatan untuk menjahili temannya atau hanya sekedar bengong. Dan hal tersebut akan menjadi semakin parah takkala sang guru keluar kelas untuk menerima panggilan dari HPnya tersebut.

Friday, September 14, 2012

CARA MEMBUAT GAME SEDERHANA DENGAN MS. POWER POINT

(Bagian 1)
Guru Kelas
SD N 02 Selokaton

Sebelum membuat game dengan Ms. Power Point ini, peserta harus sudah bisa menggunakan Ms. Power Point secara sederhana.
Langkah-langkah :
1.      Tentukan materi dan judul game yang akan dibuat.
2.      Buka Ms. Power Point.
3.      Buatlah Design yang akan ditampilan dalam game tersebut dengan cara : Klik tool Design kemudian pilih diantara design yang tersedia.
4.      Ketik judul game pada slide pertama.
5.      Pada slide ke-2 ketiklah soal yang akan disajikan berikut dengan option jawabannya (jika bentuk soal pilihan ganda).
6.      Buatlah slideke-3 dengan meng-copy slide soal dan menambahkan tanda/tombol/tulisan untuk menuju ke soal berikutnya. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi perbedaan slide atau tampilan antara slide soal dan jawaban. Slide ini sebagai slide untuk jawaban benar.