JADWAL KEGIATAN PROGRAM
SUPERVISI GURU
SD NEGERI 02
SELOKATON KECAMATAN GONDANGREJO
KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2012 / 2013
No
|
Materi
Supervisi
|
Pelaksanaan
Supervisi
|
|||||||||||
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
14
|
14
|
1
|
Adminstrasi
Guru Kelas
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
1.1
|
Merancang strategi pembelajaran di
awal tahun/semester (Silabus Pembelajaran)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.2.
|
Menyiapkan jadwal alokasi waktu
mengajar (Program Semester)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.3.
|
Menetapkan nilai minimal (Nilai
KKM)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.4.
|
Menyiapkan dan merancang pembelajaran
(RPP)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.5.
|
Menyelenggarakan proses penilaian
pembelajaran (Buku tugas/soal per KD)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.6.
|
Membuat penilaian proses dan hasil
pembelajaran (Buku nilai per KD dan Ujian)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.7.
|
Membuat analisis hasil pembelajaran (Analisis
hasil belajar)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.8.
|
Mencatat pelaksanaan kegiatan
pembelajaran (Jurnal Mengajar)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.9.
|
Memiliki data pendukung pembelajaran (SK-KD,
data siswa, kalender pendidikan, jadwal pelajaran)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.10
|
Ikut memecahkan kesulitan belajar
siswa (Buku/Catatan Bimbingan dan Konseling)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Administrasi
Sikap Profesional
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.1
|
Kompetensi Keguruan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.1
|
Keaktifan dan Keikutsertaan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Pemeriksaan
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP )
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
4
|
Penilaian
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP )
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
4.1.
|
Kejelasan perumusan tujuan pembelajaran
(tidak menimbulkan penafsiran ganda dan mengandung perilaku hasil belajar)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.2.
|
Pemilihan materi ajar (sesuai
dengan tujuan dan karakteristik peserta didik)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.3.
|
Pengorganisasian materi ajar
(keruntutan, sistematika materi dan kesesuaian dengan alokasi waktu)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.4.
|
Pemilihan sumber/media
pembelajaran (sesuai dengan tujuan, materi, dan karakteristik peserta didik)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.5.
|
Kejelasan skenario
pembelajaran
(langkah-langkah kegiatan pembelajaran : awal, inti, dan penutup)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.6.
|
Kerincian skenario
pembelajaran (setiap
langkah tercermin strategi/metode dan alokasi waktu pada setiap tahap)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.7.
|
Kesesuaian teknik
dengan tujuan pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.8.
|
Kekengkapan instrumen (soal, kunci, pedoman
penskoran)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Penilaian Pelaksanaan
Pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.1
|
KEGIATAN AWAL
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
5.1.2
|
Memeriksa
kesiapan siswa
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.1.3
|
Melakukan
kegiatan apersepsi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.2
|
KEGIATAN INTI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.2.1
|
Penguasaan materi pelajaran
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.2.1.1
|
Menunjukkan
penguasaan materi pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.2.1.2
|
Mengaitkan
materi dengan pengetahuan lain yang relevan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.2.1.3
|
Menyampaikan
materi dengan jelas, sesuai dengan hierarki belajar dan karakteristik siswa
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.2.1.4
|
Mengaitkan
materi dengan realitas kehidupan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.2.2
|
Pendekatan/strategi
pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.2.2.1
|
Melaksanakan
pembelajaran sesuai dengan kompetensi (tujuan) yang akan dicapai dan
karakaterstik siswa
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.2.2.2
|
Melaksanakan
pembelajaran secara runtut
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.2.2.3
|
Menguasai
kelas
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.2.2.4
|
Melaksanakan
pembelajaran yang bersifat kontekstual
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.2.2.5
|
Melaksanakan
pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya kebiasaan positif
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.2.2.6
|
Melaksanakan
pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.2.3
|
Pemanfaatan sumber belajar /media
pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.2.3.1
|
Menggunakan
media secara efektif dan efisien
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.2.3.2
|
Menghasilkan
pesan yang menarik
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.2.3.3
|
Melibatkan
siswa dalam pemanfaatan media
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.2.4
|
Pembelajaran yang memicu dan
memelihara keterlibatan siswa
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.2.4.1
|
Menumbuhkan
partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.2.4.2
|
Menunjukkan
sikap terbuka terhadap respons siswa
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.2.4.3
|
Menumbuhkan
keceriaan dan antusisme siswa dalam belajar
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.2.5
|
Penilaian proses dan hasil
belajar
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.2.5.1
|
Memantau
kemajuan belajar selama proses
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.2.5.2
|
Melakukan
penilaian akhir sesuai dengan kompetensi (tujuan)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.2.6
|
Penggunaan bahasa
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.2.6.1
|
Menggunakan
bahasa lisan dan tulis secara jelas, baik, dan benar
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.2.6.2
|
Menyampaikan
pesan dengan gaya yang sesuai
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.2.7
|
KEGIATAN AKHIR
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.2.7.1
|
Melakukan
refleksi atau membuat rangkuman dengan melibatkan siswa
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.2.7.2
|
Melaksanakan
tindak lanjut dengan memberikan
arahan, atau kegiatan, atau tugas sebagai bagian remidi/pengayaan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Supervisi
Guru Sebagai Wali Kelas
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
6.1
|
Melakukan tugas pembimbingan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6.2
|
Pembiasaan
jabat tangan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6.2.1
|
Breakfast
(sarapan soal tiap pagi)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6.2.3
|
Menyanyikan
lagu nasional dan do`a
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6.2.4
|
Mengelola
tanggungjawab siswa ( piket )
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6.2.5
|
Membimbing Siswa yang ABK
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6.2.6
|
Mengelola
fisik-lingkungan kelas
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6.2.7
|
Membina
kebersihan-kerapian siswa
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6.2.8
|
Membina
organisasi kelas
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6.2.9
|
Membina
majalah dinding kelas
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6.2.10
|
Melatih
siswa hidup hemat/menabung
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6.2.11
|
Membimbing
siswa sholat dhuhur berjamaah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6.3
|
Hubungan dengan wali murid
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6.3.1
|
Berkomunikasi
rutin dg. wali murid (Sosialisasi nomer HP, menerima izin siswa absen,
menerima konsultasi wali murid, Buku Penghubung )
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6.3.2
|
Mendayagunakan
peran wali murid
(membentuk
POTM)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Supervisi Administarsi Kelas
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
7.1
|
Kelengkapan Buku
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
7.1.1
|
Mencatat kehadiran siswa dan guru di kelasnya (Absen
dan Jurnal Kelas)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7.1.2
|
Merekap absen tiap bulan (Rekap absen per
bulan)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7.1.3
|
Membuat legger nilai siswa (Rekap nilai Raport)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7.1.4
|
Mencatat perkembangan belajar siswa tiap semester
(Catatan kepribadian siswa)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7.1.5
|
Mencatat perkembangan prestasi siswa (Data
ranking siswa)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7.1.5
|
Mendata tingkat daya serap siswa (Diagram daya
serap siswa per semester)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7.1.6
|
Menyelesaikan proses laporan penilaian belajar
siswa (Raport) dan menyerah-terimakan ke Wali Murid (Bukti serahterima
Raport)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7.1.7
|
Memiliki data pendukung pembimbingan siswa di
kelasnya (Biodata siswa di kelas)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7.1.8
|
Mencatat tamu yang berkunjung di kelasnya (Buku
tamu kelas)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7.1.9
|
Mencatat sirkulasi keuangan di kelasnya (Catatan
keuangan kelas)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7.1.10
|
Mencatat barang-barang inventaris di kelasnya (Daftar
inventaris kelas)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7.1.11
|
Mengatur tempat duduk dan ruang kelasnya (Denah
kelas)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7.2
|
Melengkapi Papan Data Kelas
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
7.2.1
|
Biodata siswa di kelasnya
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7.1.2
|
Data mutasi siswa
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7.1.3
|
Jadwal Pelajaran
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7.1.4
|
Jadwal Piket
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7.1.5
|
Kalender Pendidikan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7.1.6
|
Kartu Inventaris Ruangan (KIR)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7.1.7
|
Denah kelas
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7.1.8
|
Tata tertib siswa
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
Program Tindaklanjut .
|
|
|
|
|
|
x
|
|
|
|
|
|
x
|
9.
|
Rekapitulasi Hasil
Supervisi
|
|
|
|
|
|
x
|
|
|
|
|
|
x
|
No comments:
Post a Comment