SD N 02 Selokaton, Kec. Gondangrejo, Kab. Karanganyar, Prov. Jawa Tengah >>> ”TERWUJUDNYA SISWA SDN 02 SELOKATON YANG TAQWA UNGGUL HANDAL TANGGAP IPTEK DAN BERKARAKTER PANCASILA”>

Thursday, December 13, 2012

Pemanfaatan software aplikasi Geogebra dalam pembelajaran matematika.

Wah.. lama gak posting ni. Mau posting belum sempat karena lagi super sibuk. Tapi kalau gak posting kok kangen juga. Posting yang ringan-ringan aja ya.

 A. Pengenalan GeoGebra
















  • Tampilan Aljabar (Algebra View) - deskripsi objek pada tampilan grafik yang ditampilkan.
  • Tampilan Grafik (Graphics View)- tempat untuk kontruksi, gambar, grafik yang ditampilkan (area kerja).
  • CAS (Computer Algebra System) merupakan fasilitas yang mulai dimasukkan pada GeoGebra Versi 4.0. Fitur ini digunakan untuk melakukan perhitungan aljabar.















  • Spreadsheet- digunakan untuk pengeolahan angka berupa lembar kerja berbentuk baris dan kolom serupa dengan MS Excel.
















  • Graphics 2D – mirip tampilan Graphics View, bedanya untuk tampilan Graphics 2D ini apabila diaktifkan akan memunculkan jendela baru. Setiap kali kita memasukkan persamaan atau perintah pada Inbut Bar maka hasil grafiknya akan muncul pada jendela ini.
  • Graphics 3D-adalah fitur GeoGebra Versi 5 Beta.

Tampilan Aljabar, Toolbar, Sumbu koordinat, Input Bar, CAS, Spreadsheet, Graphics 2D/3D dapat dimunculkan atau disembunyikan melalui Menu Bar yaitu pada bagian View Menu.
Menu, Toolbar Dan Tool
Seperti pada aplikasi lain, menu bar GeoGebra berada pada bagian atas terdiri atas menu File, Edit Options, Tools, Window dan Help. Di bawahnya terdapat Toolbar yang berisi menu untuk membangun, menggambar, mengukur dan memanipulasi objek. Pada setiap kategori yang ada di Toolbar terdapat beberapa tool lain yang tersembunyi, untuk menampilkannya kita dapat mengklik tanda panah kecil di bagian kanan bawah setiap kotak tool yang ada di Toolbar.




















  • Menu Bar - digunakan untuk mengelola file, edit file dan pengaturan modifikasi.
  • Toolbar – alat-alat yang digunakan untuk menggambar, membangun, mengukur dan memanipulasi objek.
  • Untuk lebih jelasnya, simak Video1



















Tool yang sedang aktif ditandai dengan adanya kotak biru pada tool tersebut. Selama Tool itu sedang aktif kita bisa menggunakannya untuk melakukan tugasnya. Sehingga anda tidak perlu mengklik lagi untuk membuat objek yang sama. Setiap tool yang ada dan sedang aktif akan dijelaskan nama Tool disamping kanan dari Toolbar itu sendiri.



















Latihan 1
Untuk lebih mengenal penggunaan beberapa menu dan tool dasar GeoGebra kita coba membuat gambar seperti berikut:
Membuat Gambar Dasar


















Beberapa tool yang akan kita gunakan adalah sebagai berikut (Video 2):
  • Langkah pertama adala bukalah aplikasi GeoGebra. Untuk setting awal lakukan pengaturan untuk menampilkan Grid dengan memilih menu View-Grid. Setelah itu sembunyikan sumbu dengan memilih View-Axes (hilangkan centang pada Axes).
  • Pilih tool Line Trough Two Points
  • Buatlah sebuah garis dengan mengklik di koordinat tertentu sehingga akan muncul garis yang memotong titik tersebut. Garis ini masih bergerak bebas mengikuti arah mouse. Klik pada titik berikutnya pada koordinat tertentu sehingga terbentuk sebuah garis yang melintang secara horisontal. Dengan menggunakan menu ini kita dapat membuat garis yang tak terhingga.
  • Untuk membuat sebuah ruas garis yang berawal dari satu titik dan berakhir di titik lain kita dapat menggunakan menu Segment.
  • Dengan menggunakan menu ini buatlah gambar rumah seperti di atas.
Jika sudah selesai, simpan file GGB ke komputer Anda.

Bersambung



2 comments:

nurul said...

pak baru lihat gambarnya kok saya dah mumet ya.........

sdn02selokaton said...

He he heee.... Krn ibu cuman lihat gambar. Kalo langsung menggunakan dan mengaplikasikan dijamin mumetnya ilang. Jadi gak perlu minum paramex, bu.