SD N 02 Selokaton, Kec. Gondangrejo, Kab. Karanganyar, Prov. Jawa Tengah >>> ”TERWUJUDNYA SISWA SDN 02 SELOKATON YANG TAQWA UNGGUL HANDAL TANGGAP IPTEK DAN BERKARAKTER PANCASILA”>

Wednesday, January 16, 2013

ALAT PERAGA MAYA

 Posted by : Suryo Hanjono


Dalam kesempatan ini saya ingin sampaikan salah satu hasil karya saya dalam hal merancang dan membuat alat peraga maya. Alat peraga maya sendiri mungkin masih awam di lingkungan kita, tetapi dengan kemajuan teknologi alat peraga ini dimanfaatkan dalam proses pembelajaran yang kita lakukan sehari-hari. Kita sependapat dengan manfaat alat peraga dimana dalam pelaksanaan pembelajaran yang dilengkapi dengan sebuah alat peraga akan mendorong siswa dalam pemahaman materi pembelajaran. Oleh karena hal tersebut, selayaknya kita sebagai guru harus mempunyai inovasi dan kreasi dalam merancang sebuah media atau alat peraga.

Lantas bagaimana halnya dengan alat peraga maya? Alat peraga maya adalah ssalah satu alat peraga yang dikembangkan dengan menggunakan fasilitas IT. Alat peraga ini dirancang dengan menggunakan aplikasi yang terdapat pada PC atau notebook yang mendukung dan menyediakan tool-tool guna perancangannya. Beberapa aplikasi tersbut adalah :


  1. Ms. Power Point
  2. Ispring
  3. Community Clips
  4. authorSTREAM Desktop
  5. Camstudio
  6. Geogebra
  7. dll
Dengan menggunakan aplikasi tersebut, kita dapat merancang sebuah alat peraga maya dim
ana dalam penggunaannya juga harus menggunakan perangkat PC atau notebook. Dalam hal ini kita dituntut untuk berkreasi, berinovasi dengan mengeksplorasi tool yang ada sehingga terciptalah alat peraga yang dimaksud. 


Berikut ini saya sertaakan salah satu produk tutorial tentang sebuah alat peraga maya yang sempat saya rancang dengan menggunakan aplikasi Geogebra dan aya upload di www.youtube.com. Geogebra adalah GeoGebra adalah perangkat lunak matematika yang dinamis (dynamics), bebas (free), dan multi-platform menggabungkan geometri, aljabar, tabel, grafik, statistik dan kalkulus dalam satu paket yang mudah digunakan. Untuk lebih detail tentang aplikasi Geogebra silahkan buka link DISINI

Semoga posting ini dapat memberikan manfaat bagi para pendidik dan pengajar guna meningkatkan mutu pendidikan kita. Terima kasih.

No comments: