SD N 02 Selokaton, Kec. Gondangrejo, Kab. Karanganyar, Prov. Jawa Tengah >>> ”TERWUJUDNYA SISWA SDN 02 SELOKATON YANG TAQWA UNGGUL HANDAL TANGGAP IPTEK DAN BERKARAKTER PANCASILA”>

Saturday, September 22, 2012

GURU ITU...................



Slamat pagi semua, kunantikan dirimu
Didepan kelasku, menantikan kami
Guruku tersayang…guruku tercinta…
Tanpamu apa jadinya aku…
Tak bisa baca tulis, mengerti banyak hal
Guruku terima kasihku…
By: Afi junior

D
ari lirik lagu diatas, dapat kita ketahui betapa pentingnya peran seorang guru dalam mencerdaskan kehidupan anak bangsa. Dan tanpa kita sadari guru merupakan salah satu teladan yang akan senantiasa mengiringi langkah kehidupan. Tapi apa jadinya jika guru yang patutnya kita jadikan teladan justru melakukan hal-hal yang tanpa disadari akan membentuk karakter siswa yang tidak baik.  
Ambillah contoh guru yang mengajar sambil bermain HP. Suasana kelas yang awalnya berjalan dengan kondusif, tiba-tiba dikejutkan oleh bunyi HP milik gurunya. Kegiatan belajar mengajar spontan berhenti dan semua siswa langsung  terfokus pada HP. Rasa ingin tahu mereka menyebabkan kelas menjadi ramai, adanya kesempatan untuk menjahili temannya atau hanya sekedar bengong. Dan hal tersebut akan menjadi semakin parah takkala sang guru keluar kelas untuk menerima panggilan dari HPnya tersebut.



HP merupakan bentuk kemajuan dibidang teknologi yang sangat membantu dalam komunikasi  jarak jauh dalam kehidupan sehari-hari. Akan tetapi guru yang memainkan HP saat mengajar merupakan contoh orang yang menggunakan teknologi di tempat dan waktu yang tidak tepat. Hal tersebut dapat merugikan diri sendiri dan orang lain, disini yang menjadi korban adalah murid-muridnya.

Memainkan HP saat kegiatan belajar mengajar dapat memberi banyak dampak negatif antara lain, guru menjadi tidak konsentrasi dalam mengajar, mungkin sedang membalas atau menunggu SMS, murid tidak konsentrasi karena melihat perilaku gurunya yang seperti gelisah, bunyi HP yang keras bisa mengusik murid-murid yang fokus belajar, dan yang paling berbahaya adalah jika mood guru sangat dipengaruhi dari HP, saat ada SMS yang tidak baik, bisa-bisa muridnya dijadikan sasaran amarah, nah hal itu perlu diwaspadai
.
Mencermati dampak-dampak negatif guru memainkan HP saat KBM, alangkah bijaknya jika guru tidak mengaktifkan HP saat kegiatan belajar mengajar. Sehingga para siswa tidak terpecah konsentrasinya karena bunyi HP. Sekian.

Sumber : Blog Nurul-Upik

No comments: