SD N 02 Selokaton, Kec. Gondangrejo, Kab. Karanganyar, Prov. Jawa Tengah >>> ”TERWUJUDNYA SISWA SDN 02 SELOKATON YANG TAQWA UNGGUL HANDAL TANGGAP IPTEK DAN BERKARAKTER PANCASILA”>

Wednesday, March 6, 2013

Benalu Teh Yang Berkasiat

benalu tehNama Latin  : Scurulla atropurpurea (BL) Danser



Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), setiap tahun penderita kanker di dunia bertambah 6,25 juta orang dan 10 tahun mendatang diperkirakan 9 juta meninggal akibat kanker. Di Indonesia diperkirakan setiap tahun terdapat 100 penderita baru dari setiap 100.000 penduduk dan penyakit kanker menduduki urutan ke-3 penyebab kematian sesudah penyakit jantung dan paru-paru.

Pengobatan kanker pada umumnya sama, yaitu salah satu atau kombinasi dari operasi, penyinaran (radioterapi), obat pembuluh sel kanker (sitostatika), meningkatkan daya tahan tubuh dan pengobatan dengan hormon. Hasilnya tentu tergantung dari keadaan pasien dan jenis kanker.

Salah satu tanaman obat yang paling dikenal masyarakat untuk mengobati penyakit kanker adalah benalu teh dan salah satu jenis benalu teh tersebut adalah (Scurulla atropurpurea (BL) Danser). Selain secara empirik dipakai masyarakat sebagai obat kanker, benalu teh terbukti secara in vitro dapat menghambat tumor crown gall dan penelitian deteksi aktivitas asparaginase dalam benalu teh dapat menghidrolisa asparagin. Asparaginase adalah enzim katalisator yang berperan menghidrolisa asparagin menjadi asam aspartat dan amonia. Dengan demikian sel kanker kekurangan asparagin yang berakibat kematian sel.

Dari beberapa uji invivo dan invitro benalu teh memiliki khasiat antara lain : Membantu penyembuhan: gangguan syaraf, cepat lupa/pikun, merontokkan kerak2 di hidung dan sinusistis, menurunkan gula darah, kanker, kista, myom, tumor, kolesterol, darah tinggi, sumbatan jantung karena kolesterol, asam urat, rematik, gejala osteoporosis, sakit pinggang, gondok, kelenjar tyroid, impotensi akut, lemah syahwat. Bahkan penelitian salah seorang kandidat DOKTOR salah satu perguruan tinggi negeri di Indonesia benalu teh dapat menetralisir virus sehingga diharapkan dapat dikembangkan sebagai salah satu alternatif tindakan kuratif berbagai penyakit yang disebabkan oleh virus yang belum ditemukan obatnya oleh dunia kedokteran modern seperti Virus Rubella, Taksow, Herpes, MDV (Virus ayam), hepatitis A/B/C, Flu burung, cikunguya dll.

Kandungan kimia benalu teh antara lain alkaloid; flavonoid; terpenoid; saponin; tanin dan dari ekstrak metanol teridenfifikasi senyawa quercetin-7-rhamnoside; caffein; theophyline (7,8). Adanya data empirik dan beberapa data ilmiah maka telah dilakukan Konfirmasi Ilmiah Keamanan dan Pemakaian Benalur Teh (Scurulla atropurpurea (BL) Danser) Sebagai Antikanker Pada Mus musculus L galur C3H.

KHASIAT BENALU TEH:
  1. Membantu mengobati berbagai penyakit kanker atau tumor (kanker rahim, kanker payudara, kanker usus, kista).
  2. Membantu mengobati penyakit batu ginjal, gondok.
  3. Membantu menurunkan kadar kolesterol dan gula darah.
  4. Membantu menurunkan darah tinggi, sakit pinggang, rheumatic, encok, dll.
  5. Menghaluskan kulit muka dan menjadikan awet muda.


CARA PEMAKAIAN:
  1. Ambil 50 gram benalu teh, direbus dengan 1 liter air, tunggu hingga airnya tinggal setengah ( 1/2 ) liter.
  2.  Kemudian saring dan biarkan satu malam (diembunkan) di dalam wadah tertutup di dalam rumah. Paling baik diminum pagi hari sebelum makan dan malam akan tidur.
  3. Untuk mengobati Tumor/Kanker, direbus bersama 1 genggam akar alang-alang .


TAKARAN :
  1. 2 s/d 3 kali sehari untuk pengobatan
  2. 1 s/d 2 kali sehari untuk pencegahan


PERHATIAN !
  1. Merebus Benalu Teh harus menggunakan kuali dari tanah, atau alat masak dari kaca (pyrec), atau panci beremail.
  2.  Jangan merebus menggunakan alat masak dari logam, besi, alumunium karena zat-zat yang terkandung akan bereaksi
  3. Ramuan dapat direbus ulang sampai 3 x
  4. 4Simpan benalu teh di dalam kulkas atau di tempat teduh/ kering.

Benalu teh tumbuh dan terdapat di perkebunan teh yang tidak terurus, tumbuh sebagai parasit dipohon teh karena diakibatkan oleh kotoran burung yang tertempel di pohon tersebut. Pohon teh yang tidak terurus umumnya tinggi dan terdapat di pinggiran tebing gunung nan curam dan terjal, sehingga sangat bersiko bagi petani yang memetiknya. Benalu teh tidak dapat di kembang biakan atau disemai seperti tanaman obat lainnya. Oleh karena itu Harga benalu teh yang ASLI cukup mahal dibanding tanaman obat lain oleh karena medan yang sulit, pohon yang jarang, resiko taruhan nyawa bagi si pemetik. Namun seiring dengan banyak manfaat dan harga yang cukup Mahal, banyak para penjual melakukan tindakan tidak terpuji dan tidak sesuai syar’iah dengan mencampur dengan tumbuhan benalu lain terutama yang sangat mirip bentuk fisiknya adalah tanaman alpukat, tentu ada bedanya bagi para pakar herbal yang lebih paham tentang pohon benalu teh ASLI ini, tapi bagi orang awam mungkin bisa terkecoh.

Berikut Tip dan Trik bagaimana mengetahui ciri-ciri Benalu teh yang Asli.
  1. Kandungan kimianya terdiri , alkoloid, plavonoid; terpenoid; saponin; tanin dan dari ekstrak metanol teridenfifikasi senyawa quercetin-7-rhamnoside; caffein; theophyline, bisa di buktikan di lab. Farmasi di lembaga2 terkait.
  2. Tidak terasa pahit.
  3. Badan terasa enteng setelah kosumsi 1-3 x (langsung terasa khasiatnya keesokan hari; Untuk penyakit degeneratif : jantung/kolesterol/asam urat/darah tinggi/sakit pinggang/lemah syahwat. Untuk kanker, tumor, kista, gondok diperlukan waktu +/- 3 bulan konsumsi baru tampak hasilnya (mengecil/lembek/hilang).
  4. Memiliki aroma khas wangi / harum
  5. Komposisi daun dan batang berimbang
  6. Batang bening terang agak kecoklat-coklatan
  7. Batang umumnya kecil-kecil
  8. Jika dicium dengan tarikan nafas dengan hidung selama kurang lebih 10-15 menit akan keluar lendir dari hidung.
  9. Harga benalu tea ASLI kering/simplisia dipasaran saat ini bervariasi antara Rp. 150.000 – 300.000/kg di Indonesia, US dolar 100 – 150/kg di Jepang/Eropa/USA (Januari 2012) tergantung dimana anda membelinya, karena di daerah tertentu harga benalu teh asli bisa diatas Rp. 300.000/kg
  10. Pastikan anda membeli dalam bentuk benalu teh yang belum di potong-potong atau beli dalam bentuk terpotong-potong kecil jika anda yakin dan sesuai ciri-ciri diatas.
Sumber : http://www.centeralhealth.com/benalu-teh.htm







No comments: