SD N 02 Selokaton, Kec. Gondangrejo, Kab. Karanganyar, Prov. Jawa Tengah >>> ”TERWUJUDNYA SISWA SDN 02 SELOKATON YANG TAQWA UNGGUL HANDAL TANGGAP IPTEK DAN BERKARAKTER PANCASILA”>

Tuesday, July 31, 2012

COLLABORATIVE LEARNING MODEL

COLLABORATIVE LEARNING MODEL

  • Kerja Sama Dua orang atau lebih
  • Memecahkan masalah Bersama
  • Mencapai Tujuan Tertentu

Dua unsur penting
  • Ada tujuan yang sama
                diskusi menentukan strategi,keputusan bersama,persoalan milik bersama
  • Ketergantungan yang positif anggota berhasil bila seluruh anggota bekerja sama

KETERGANTUNGAN DIBANTU DENGAN CARA
v  Memberi tugas peran khusus anggota sbb :
Ø  Pengamat
Ø  Pengklarifikasi
Ø  Perekam
Ø  Pendorong
v  Pecah tugas menjadi sub-sub tugas yang diperlukan untuk melengkapi keberhasilan tugas

BENTUK-BENTUK BELAJAR COLLABORATIVE
STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD):
  • Sajian Guru
  • Diskusi Kelompok siswa
  • Tes/Kuis/Silang tanya antar kelompok
  • Penguatan guru


STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DEVISION (STAD)

Lima langkah pokok:
Ø  Presentasi guru,perhatian cermat siswa, membantu quis
Ø  Tim (kelompok):
ü  Fungsi utama membantu anggota mengerjakan quis dengan baik
ü  Anggota mengerjakan SST yang terbaik untuk tim
Ø  Presentasi Guru satu atau dua periode
Ø  Satu atau dua periode praktek kelompok,ada quis individual
Ø  Siswa tidak diijinkan saling bantu




MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF

PEMBELAJARAN KOOPERATIF
          Pembelajaran kooperatif adalah pendekatan pembelajaran yang berfokus pada penggunaan kelompok kecil siswa untuk bekerja sama dalam memaksimalkan kondisi belajar untuk mencapai tujuan belajar.
Konsep Pembelajaran Kooperatif
          Pembelajaran kooperatif menciptakan interaksi yang asah, asih dan asuh, sehingga tercipta masyarakat belajar.
          Siswa tidak hanya belajar dari guru tetapi juga dari sesama siswa.

CIRI-CIRI PEMBELAJARAN KOOPERATIF
  1. Saling ketergantungan positif
  2. Interaksi tatap muka
  3. Akuntabilitas individual
  4. Keterampilan menjalin hubungan antar pribadi.

Keuntungan Penggunaan Pembelajaran Kooperatif
  1. Meningkatkan kepekaan dan kesetiakawanan sosial
  2. Memungkinkan para siswa saling belajar mengenal sikap, ketrampilan, informasi, perilaku sosial, dan pandangan-pandangan
  3. Memudahkan siswa melakukan penyesuaian sosial
  4. Menghilangkan sifat mementingkan diri sendiri/egois
  5. Meningkatkan rasa saling percaya kerpada sesama manusia

TEKNIK PEMBELAJARAN KOOPERATIF
Metode STAD (Student Teams Achievement Division) untuk mengajarkan kepada siswa baik verbal maupun tertulis.
Langkah-Langkah :
  1. Siswa dibagi menjadi kelompok-kelompok.
  2. Tiap anggota menggunakan lembar kerja akademik kemudian saling membantu untuk menguasai bahan ajar melalui tanya jawab atau diskusi antar anggota tim.
  3. Tiap minggu atau 2 minggu guru mengevaluasi untuk mengetahui penguasaan materi yang telah diberikan.
  4. Tiap siswa dan tiap tim diberi skor atas penguasaannya terhadap materi, yang meraih prestasi tinggi diberi penghargaan.

No comments: