SD N 02 Selokaton, Kec. Gondangrejo, Kab. Karanganyar, Prov. Jawa Tengah >>> ”TERWUJUDNYA SISWA SDN 02 SELOKATON YANG TAQWA UNGGUL HANDAL TANGGAP IPTEK DAN BERKARAKTER PANCASILA”>

Thursday, November 1, 2012


JADWAL KEGIATAN PROGRAM SUPERVISI GURU
SD NEGERI 02 SELOKATON KECAMATAN GONDANGREJO
KABUPATEN KARANGANYAR  TAHUN PELAJARAN 2012 / 2013

No
Materi Supervisi
Pelaksanaan Supervisi
7
8
9
10
11
12
1
2
3
4
5
6
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
14
14
1
Adminstrasi Guru Kelas
x
x
x
x
x
x
x
x
x
x
x
x
1.1
Merancang strategi pembelajaran di awal tahun/semester (Silabus Pembelajaran)












1.2.
Menyiapkan jadwal alokasi waktu mengajar (Program Semester)












1.3.
Menetapkan nilai minimal (Nilai KKM)












1.4.
Menyiapkan dan merancang pembelajaran (RPP)












1.5.
Menyelenggarakan proses penilaian pembelajaran (Buku tugas/soal per KD)












1.6.
Membuat penilaian proses dan hasil pembelajaran (Buku nilai per KD dan Ujian)












1.7.
Membuat analisis hasil pembelajaran (Analisis hasil belajar)












1.8.
Mencatat pelaksanaan kegiatan pembelajaran (Jurnal Mengajar)












1.9.
Memiliki data pendukung pembelajaran (SK-KD, data siswa, kalender pendidikan, jadwal pelajaran)












1.10
Ikut memecahkan kesulitan belajar siswa (Buku/Catatan Bimbingan dan Konseling)












2
Administrasi Sikap Profesional












2.1
Kompetensi Keguruan












2.1
Keaktifan dan Keikutsertaan












3
Pemeriksaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP )
x
x
x
x
x
x
x
x
x
x
x
x
4
Penilaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP )
x
x
x
x
x
x
x
x
x
x
x
x
4.1.
Kejelasan perumusan tujuan pembelajaran (tidak menimbulkan penafsiran ganda dan mengandung perilaku hasil belajar)












4.2.
Pemilihan materi ajar (sesuai dengan tujuan dan karakteristik peserta didik)












4.3.
Pengorganisasian materi ajar (keruntutan, sistematika materi dan kesesuaian dengan alokasi waktu)












4.4.
Pemilihan sumber/media pembelajaran (sesuai dengan tujuan, materi, dan karakteristik peserta didik)












4.5.
Kejelasan skenario pembelajaran (langkah-langkah kegiatan pembelajaran : awal, inti, dan penutup)












4.6.
Kerincian skenario pembelajaran (setiap langkah tercermin strategi/metode dan alokasi waktu pada setiap tahap)












4.7.
Kesesuaian teknik dengan tujuan pembelajaran












4.8.
Kekengkapan instrumen (soal, kunci, pedoman penskoran)












5
Penilaian Pelaksanaan Pembelajaran












5.1
KEGIATAN AWAL
x
x
x
x
x
x
x
x
x
x
x
x
5.1.2
Memeriksa kesiapan siswa












5.1.3
Melakukan kegiatan apersepsi












5.2
KEGIATAN INTI












5.2.1
Penguasaan materi pelajaran












5.2.1.1
Menunjukkan penguasaan materi pembelajaran












5.2.1.2
Mengaitkan materi dengan pengetahuan lain yang relevan












5.2.1.3
Menyampaikan materi dengan jelas, sesuai dengan hierarki belajar dan karakteristik siswa












5.2.1.4
Mengaitkan materi dengan realitas kehidupan












5.2.2
Pendekatan/strategi pembelajaran












5.2.2.1
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi (tujuan) yang akan dicapai dan karakaterstik siswa












5.2.2.2
Melaksanakan pembelajaran secara runtut












5.2.2.3
Menguasai kelas












5.2.2.4
Melaksanakan pembelajaran yang bersifat kontekstual












5.2.2.5
Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya kebiasaan positif












5.2.2.6
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan












5.2.3
Pemanfaatan sumber belajar /media pembelajaran












5.2.3.1
Menggunakan media secara efektif dan efisien












5.2.3.2
Menghasilkan pesan yang menarik












5.2.3.3
Melibatkan siswa dalam pemanfaatan media












5.2.4
Pembelajaran yang memicu dan memelihara keterlibatan siswa












5.2.4.1
Menumbuhkan partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran












5.2.4.2
Menunjukkan sikap terbuka terhadap respons siswa












5.2.4.3
Menumbuhkan keceriaan dan antusisme siswa dalam belajar












5.2.5
Penilaian proses dan hasil belajar












5.2.5.1
Memantau kemajuan belajar selama proses












5.2.5.2
Melakukan penilaian akhir sesuai dengan kompetensi (tujuan)












5.2.6
Penggunaan bahasa












5.2.6.1
Menggunakan bahasa lisan dan tulis secara jelas, baik, dan benar












5.2.6.2
Menyampaikan pesan dengan gaya yang sesuai












5.2.7
KEGIATAN AKHIR












5.2.7.1
Melakukan refleksi atau membuat rangkuman dengan melibatkan siswa












5.2.7.2
Melaksanakan tindak lanjut  dengan memberikan arahan, atau kegiatan, atau tugas sebagai bagian remidi/pengayaan












6
Supervisi Guru Sebagai Wali Kelas
x
x
x
x
x
x
x
x
x
x
x
x
6.1
Melakukan tugas pembimbingan












6.2
Pembiasaan jabat tangan












6.2.1
Breakfast (sarapan soal tiap pagi)












6.2.3
Menyanyikan lagu nasional dan do`a












6.2.4
Mengelola tanggungjawab siswa ( piket )












6.2.5
Membimbing  Siswa yang ABK












6.2.6
Mengelola fisik-lingkungan kelas












6.2.7
Membina kebersihan-kerapian siswa












6.2.8
Membina organisasi kelas












6.2.9
Membina majalah dinding kelas












6.2.10
Melatih siswa hidup hemat/menabung












6.2.11
Membimbing siswa sholat dhuhur berjamaah












6.3
Hubungan dengan wali murid












6.3.1
Berkomunikasi rutin dg. wali murid (Sosialisasi nomer HP, menerima izin siswa absen, menerima konsultasi wali murid, Buku Penghubung )












6.3.2
Mendayagunakan peran wali murid
(membentuk POTM)












7
Supervisi Administarsi Kelas
x
x
x
x
x
x
x
x
x
x
x
x
7.1
Kelengkapan Buku
x
x
x
x
x
x
x
x
x
x
x
x
7.1.1
Mencatat kehadiran siswa dan guru di kelasnya (Absen dan Jurnal Kelas)












7.1.2
Merekap absen tiap bulan (Rekap absen per bulan)












7.1.3
Membuat legger nilai siswa (Rekap nilai Raport)












7.1.4
Mencatat perkembangan belajar siswa tiap semester (Catatan kepribadian siswa)












7.1.5
Mencatat perkembangan prestasi siswa (Data ranking siswa)












7.1.5
Mendata tingkat daya serap siswa (Diagram daya serap siswa per semester)












7.1.6
Menyelesaikan proses laporan penilaian belajar siswa (Raport) dan menyerah-terimakan ke Wali Murid (Bukti serahterima Raport)












7.1.7
Memiliki data pendukung pembimbingan siswa di kelasnya (Biodata siswa di kelas)












7.1.8
Mencatat tamu yang berkunjung di kelasnya (Buku tamu kelas)












7.1.9
Mencatat sirkulasi keuangan di kelasnya (Catatan keuangan kelas)












7.1.10
Mencatat barang-barang inventaris di kelasnya (Daftar inventaris kelas)












7.1.11
Mengatur tempat duduk dan ruang kelasnya (Denah kelas)












7.2
Melengkapi Papan Data Kelas
x
x
x
x
x
x
x
x
x
x
x
x
7.2.1
Biodata siswa di kelasnya












7.1.2
Data mutasi siswa












7.1.3
Jadwal Pelajaran












7.1.4
Jadwal Piket












7.1.5
Kalender Pendidikan












7.1.6
Kartu Inventaris Ruangan (KIR)












7.1.7
Denah kelas












7.1.8
Tata tertib siswa












8
Program Tindaklanjut .





x





x
9.
Rekapitulasi Hasil Supervisi





x





x


           


No comments: