SD N 02 Selokaton, Kec. Gondangrejo, Kab. Karanganyar, Prov. Jawa Tengah >>> ”TERWUJUDNYA SISWA SDN 02 SELOKATON YANG TAQWA UNGGUL HANDAL TANGGAP IPTEK DAN BERKARAKTER PANCASILA”>

Wednesday, August 1, 2012

Lanjutan Model Pembelajaran


Metode Jigsaw
Dikembangkan oleh Slavin dkk
Langkahnya :
          Kelas dibagi menjadi beberapa tim/kelompok anggotanya 5-6 yang karakteristiknya heterogen.
          Bahan yang disajikan bentuk teks, tiap siswa bertanggung jawab mempelajari.
          Setiap kelompok mempunyai tugas dan tanggung jawab mengkaji bagiannya. Bila berkumpul disebut kelompok pakar.
          Para siswa yang ada dalam kelompok pakar kembali ke kelompok semula untuk mengajar anggota baru mengenai materi yang dipelajari dalam kelompok pakar.
          Setelah diadakan pertemuan dan diskusi para siswa dievaluasi secara individual mengenai bahan yang pernah di pelajari.
          Pemberian skor diberikan / dilakukan seperti dalam metode STAD. Nilai tertinggi diberi penghargaan oleh guru.
        Contoh-contoh bisa dibaca di buku.

Metode lain yang bisa digunakan dalam pembelajaran Kooperatif:
  1. Metode G (Group Investigation)
  2. Metode Struktural
  3. Dua Tinggal Dua Tamu
  4. Keliling Kelompok
  5. Kancing Gemerincing


PEMBELAJARAN
QUANTUM TEACHING
PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING
          Proses pembelajaran quantum teaching intinya pembelajaran yang menyenangkan, kreatif tidak membosankan.
Kalau semua itu tidak tercapai, guru harus ganti strategi dengan menggunakan multi media, sehingga membuat pembelajaran lebih efektif, proses belajar saat ini boleh dikatakan aktif, partisipatif, konstruktif, komunikatif dan berorientasi pada tujuan.
Pembelajaran yang kurang berhasil disebabkan tiga hal al :
  1. Perkembangan kebutuhan dan aktivitas berbagai bidang kehidupan selalu meninggalkan hasil kerja lembaga pendidikan / ® kemajuan di luar lebih pesat.
  2. Pandangan dan temuan-temuan baru dari berbagai bidang tentang pembelajaran dan pengajaran membuat paradigma, falsafah dan metodologi pembelajaran yang ada sekarang ini tidak cocok lagi.
  3. Berbagai permasalahan dan kenyataan negatif tentang hasil pembelajaran menuntut diupayakannya pembaharuan paradigma, falsafah dan metodologi pengajaran.
DASAR TEORI QUANTUM TEACHING
Quantum ¾ Bermakna
          Pembelajaran quantum merupakan ramuan atau rakitan dari berbagai teori atau pandangan psikologi kognitif dan pemrograman neorologi yang jauh sebelumnya sudah ada dikaitkan dengan penemuan empiris sehingga terjadi keseimbangan antara otak kiri dan otak kanan yang pada dasarnya anak itu mempunyai kecerdasan ganda.
Karakteristik Umum Pembelajaran Quantum
          Berpangkal pada psikologi kognitif
          Bersifat Humanistis bukan positivistis-empiris
          Siswa sebagai pebelajar menjadi pusat perhatian.
          Lebih bersifat pada konstruktivistis
          Memusatkan perhatian pada interaksi yang bermutu dan bermakna.
          Sangat menekankan pada pencapaian pembelajaran dengan taraf keberhasilan tinggi.
          Sangat menekankan kealamiyahan dan kewajaran proses pembelajaran.

PRINSIP-PRINSIP PEMBELAJARAN QUANTUM
  1. Bawa dunia mereka ke dalam dunia kita dan antarkan dunia kita ke dalam dunia mereka
  2. Berlaku prinsip permainan orkestra simponi.
  3. Harus berdampak bagi terbentuknya keunggulan.

TEKNIK MEMORI
  1. Melatih imajinasi
  2. Teknik rantaian kata
  3. Teknik plesetan kata
  4. Sistem pasak lokasi
  5. Teknik Akrostik (jembatan keledai)

No comments: