Metode Jigsaw
Dikembangkan oleh Slavin dkk
Langkahnya :
•
Kelas dibagi menjadi beberapa tim/kelompok anggotanya
5-6 yang karakteristiknya heterogen.
•
Bahan yang disajikan bentuk teks, tiap siswa
bertanggung jawab mempelajari.
•
Setiap kelompok mempunyai tugas dan tanggung jawab
mengkaji bagiannya. Bila berkumpul disebut kelompok pakar.
•
Para siswa yang ada dalam kelompok pakar kembali ke
kelompok semula untuk mengajar anggota baru mengenai materi yang dipelajari
dalam kelompok pakar.
•
Setelah diadakan pertemuan dan diskusi para siswa
dievaluasi secara individual mengenai bahan yang pernah di pelajari.
•
Pemberian skor diberikan / dilakukan seperti dalam
metode STAD. Nilai tertinggi diberi penghargaan oleh guru.
Contoh-contoh
bisa dibaca di buku.
Metode lain
yang bisa digunakan dalam pembelajaran Kooperatif:
- Metode G (Group Investigation)
- Metode Struktural
- Dua Tinggal Dua Tamu
- Keliling Kelompok
- Kancing Gemerincing
PEMBELAJARAN
QUANTUM
TEACHING
PEMBELAJARAN
QUANTUM TEACHING
•
Proses pembelajaran quantum teaching intinya
pembelajaran yang menyenangkan, kreatif tidak membosankan.
Kalau semua itu tidak tercapai, guru harus ganti
strategi dengan menggunakan multi media, sehingga membuat pembelajaran lebih
efektif, proses belajar saat ini boleh dikatakan aktif, partisipatif,
konstruktif, komunikatif dan berorientasi pada tujuan.
Pembelajaran
yang kurang berhasil disebabkan tiga hal al :
- Perkembangan
kebutuhan dan aktivitas berbagai bidang kehidupan selalu meninggalkan
hasil kerja lembaga pendidikan / ® kemajuan
di luar lebih pesat.
- Pandangan
dan temuan-temuan baru dari berbagai bidang tentang pembelajaran dan
pengajaran membuat paradigma, falsafah dan metodologi pembelajaran yang
ada sekarang ini tidak cocok lagi.
- Berbagai
permasalahan dan kenyataan negatif tentang hasil pembelajaran menuntut
diupayakannya pembaharuan paradigma, falsafah dan metodologi pengajaran.
DASAR
TEORI QUANTUM TEACHING
Quantum ¾ Bermakna
•
Pembelajaran quantum merupakan ramuan atau rakitan
dari berbagai teori atau pandangan psikologi kognitif dan pemrograman neorologi
yang jauh sebelumnya sudah ada dikaitkan dengan penemuan empiris sehingga
terjadi keseimbangan antara otak kiri dan otak kanan yang pada dasarnya anak
itu mempunyai kecerdasan ganda.
Karakteristik
Umum Pembelajaran Quantum
•
Berpangkal pada psikologi kognitif
•
Bersifat
Humanistis bukan
positivistis-empiris
•
Siswa sebagai pebelajar menjadi pusat perhatian.
•
Lebih bersifat pada konstruktivistis
•
Memusatkan perhatian pada interaksi yang bermutu dan
bermakna.
•
Sangat menekankan pada pencapaian pembelajaran dengan
taraf keberhasilan tinggi.
•
Sangat menekankan kealamiyahan dan kewajaran proses pembelajaran.
PRINSIP-PRINSIP
PEMBELAJARAN QUANTUM
- Bawa
dunia mereka ke dalam dunia kita dan antarkan dunia kita ke dalam dunia
mereka
- Berlaku
prinsip permainan orkestra simponi.
- Harus
berdampak bagi terbentuknya keunggulan.
TEKNIK MEMORI
- Melatih
imajinasi
- Teknik
rantaian kata
- Teknik
plesetan kata
- Sistem
pasak lokasi
- Teknik
Akrostik (jembatan keledai)
No comments:
Post a Comment