SD N 02 Selokaton, Kec. Gondangrejo, Kab. Karanganyar, Prov. Jawa Tengah >>> ”TERWUJUDNYA SISWA SDN 02 SELOKATON YANG TAQWA UNGGUL HANDAL TANGGAP IPTEK DAN BERKARAKTER PANCASILA”>

Thursday, August 2, 2012

MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK Untuk kelas I - III


       PEMBELAJARAN TEMATIK ADALAH PEMBELAJARAN BERDASARKAN TEMA UNTUK MEMPELAJARI SUATU MATERI GUNA MENCAPAI KOMPETENSI TERTENTU.
          TEMA ADALAH SUATU BIDANG YANG LUAS, YANG MENJADI FOKUS PEMBAHASAN DALAM PEMBELAJARAN
          TOPIK ADALAH BAGIAN DARI TEMA / SUB TEMA
          JENIS TEMA : INTRA DISCIPLINARY DAN INTER DISCIPLINARY

RASIONAL PEMBELAJARAN TEMATIK
          MENYAJIKAN PENDEKATAN BELAJAR YANG BERMAKNA
          TEMA MEMBERIKAN KERANGKA BERPIKIR UNTUK MENEMUKAN KAITAN ANTAR BIDANG STUDI
          MENGAJAR DENGAN TEMA SEBAGAI SUATU CARA UNTUK MELAKUKAN KETERPADUAN
          KECENDERUNGAN MENEMUKAN KAITAN DALAM PEMBELAJARAN YANG DIORGANISASIKAN SECARA TEMATIK

KEUNGGULAN PEMBELAJARAN TEMATIK
          PEMBELAJARAN LEBIH MUDAH MEMAHAMI APA & MENGAPA MEREKA BELAJAR
          HUBUNGAN ANTARA KONTEN & PROSES LEBIH JELAS
          MEMPERCEPAT TRANSFER KONSEP LINTAS BIDANG STUDI
          BELAJAR SECARA MENDALAM DAN MELUAS
          PENGGUNAAN WAKTU EFEKTIF
          MENGEMBANGKAN SIKAP POSITIF
STRATEGI PEMBELAJARAN TEMATIK
       MEMILIH TEMA
          MENENTUKAN KONSEP KUNCI
          MENENTUKAN KEGIATAN-KEGIATAN UNTUK INVESTIGASI KONSEP-KONSEP
          MENENTUKAN BIDANG STUDI / BIDANG PENGEMBANGAN MANA YG DIGUNAKAN SEBAGAI BAG. KEGIATAN
          REVIU KEGIATAN & BID-BID STUDI / BIDANG PENGEMBANGAN YANG BERKAITAN
          MENGORGANISASI BAHAN-BAHAN UNTUK MEMUDAHKAN DISTRIBUSI & PENGGUNAAN
          MENENTUKAN URUTAN KEGIATAN YANG DISAJIKAN DI KELAS
          DISKUSI TINDAK LANJUT


CONTOH PERKEMBANGAN KONSEP
       TEMA : ZAT CAIR
          ZAT CAIR DAPAT DITUANGKAN DARI SUATU WADAH KE WADAH YANG LAIN
          ZAT CAIR MENGAMBIL BENTUK SEPERTI WADAHNYA
          ZAT CAIR DAPAT DIKELOMPOKKAN MENURUT CIRI-CIRINYA
          BEBERAPA ZAT CAIR LEBIH KENTAL DARI PADA YANG LAIN
          ADA BENDA YANG LARUT DALAM ZAT CAIR DAN ADA YANG TIDAK


BERBAGAI MODEL-MODEL PEMBELAJARAN YANG LAIN
          Model Konstruktivisme
          Model Pemecahan Masalah/Studi Kasus
          Model Jigsaw
          Model Kreatif & Produktif
          Model Latihan Keterampilan
          Model Simulasi & Bermain Peran
          Dll

MODEL KONSTRUKTIVISME
Landasan Teori
          Siswa mengkonstruksi idea berdasarkan pengalaman dan interaksi dng sumber belajar
          Hasil belajar dapat ditampilkan dengan berbagai cara.
Langkah :
          Orientasi, Penggalian Idea, Restrukturisasi Idea, Aplikasi Idea, Reviu, Membandingkan

Model Pemecahan Masalah/Studi Kasus
Tujuan
          Mengembangkan kemampuan analisis & memecahkan masalah/mengambil keputusan
          Topik nyata dalam kehidupan yang mempersyaratkan pemecahan masalah
          Evaluasi : proses kelompok & hasil pemecahan masalah

LANGKAH-LANGKAH
          Pendahuluan : orientasi pada masalah
       Kegiatan inti :Sajikan kasus (peristiwa yang mengandung masalah untuk bahan diskusi/analisis)
          Pecahkan kasus dalam kelompok / secara individual
       Kegiatan penutup : Menindaklanjuti hasil kelompok / individu

MODEL JIGSAW
       Landasan Teori : belajar kolaboratif dan aktif, mhsw dapat belajar dari teman
          Topik : dapat dipecah menjadi 2-4 subtopik
          Tujuan : menanamkan konsep melalui kerja sama
          Langkah : kelas dibagi menjadi kelompok yang terdiri dari 3-8 orang.

MODEL PEMBELAJARAN KREATIF DAN PRODUKTIF
       Landasan Teori : Belajar aktif, konstruktivistik, kolaboratif dan kreatif
          Tujuan : Kemampuan memahami informasi, memecahkan masalah & dampak pengiring, kerja sama, disiplin, mandiri.
          Topik : dari bidang sosial, IPA, bahasa
          Evaluasi : proses dan hasil

LANGKAH-LANGKAH
          ORIENTASI
          EKSPLORASI
          INTERPRETASI
          RE-KREASI

MODEL LATIHAN KETRAMPILAN
          Tujuan : Menguasai keterampilan tertentu (intelektual, sosial, motorik)
   Bentuk :
          Teori-praktek (situasi nyata)
          Simulasi
          Bermain peran

   MODEL BERMAIN PERAN
aTujuan :
        Menghayati situasi tertentu dan bertindak sesuai dengan situasi tersebut.
b. Topik :
        Masalah dalam kehidupan sehari-hari.

MODEL BERMAIN PERAN
LANGKAH-LANGKAH
          Menyajikan dan membahas situasi
          Menyiapkan permainan
          Bermain
          Mengungkapkan pengalaman

TUGAS KELOMPOK
          Pilih satu kemampuan & topik yang akan dicapai / disajikan dalam pelatihan
          Pilih model pembelajaran yg paling sesuai dg kemampuan dan topik tersebut.
          Susun langkah-langkah pembelajaran
          Berikan alasan mengapa langkah tersebut dipilih 

No comments: