• PEMBELAJARAN
TEMATIK ADALAH PEMBELAJARAN BERDASARKAN TEMA UNTUK MEMPELAJARI SUATU MATERI
GUNA MENCAPAI KOMPETENSI TERTENTU.
•
TEMA ADALAH SUATU BIDANG YANG LUAS, YANG MENJADI FOKUS
PEMBAHASAN DALAM PEMBELAJARAN
•
TOPIK ADALAH BAGIAN DARI TEMA / SUB TEMA
•
JENIS TEMA : INTRA DISCIPLINARY DAN INTER DISCIPLINARY
RASIONAL
PEMBELAJARAN TEMATIK
•
MENYAJIKAN PENDEKATAN BELAJAR YANG BERMAKNA
•
TEMA MEMBERIKAN KERANGKA BERPIKIR UNTUK MENEMUKAN
KAITAN ANTAR BIDANG STUDI
•
MENGAJAR DENGAN TEMA SEBAGAI SUATU CARA UNTUK
MELAKUKAN KETERPADUAN
•
KECENDERUNGAN MENEMUKAN KAITAN DALAM PEMBELAJARAN YANG
DIORGANISASIKAN SECARA TEMATIK
KEUNGGULAN
PEMBELAJARAN TEMATIK
•
PEMBELAJARAN LEBIH MUDAH MEMAHAMI APA & MENGAPA
MEREKA BELAJAR
•
HUBUNGAN ANTARA KONTEN & PROSES LEBIH JELAS
•
MEMPERCEPAT TRANSFER KONSEP LINTAS BIDANG STUDI
•
BELAJAR SECARA MENDALAM DAN MELUAS
•
PENGGUNAAN WAKTU EFEKTIF
•
MENGEMBANGKAN SIKAP POSITIF
STRATEGI
PEMBELAJARAN TEMATIK
• MEMILIH
TEMA
•
MENENTUKAN KONSEP KUNCI
•
MENENTUKAN KEGIATAN-KEGIATAN UNTUK INVESTIGASI
KONSEP-KONSEP
•
MENENTUKAN BIDANG STUDI / BIDANG PENGEMBANGAN MANA YG
DIGUNAKAN SEBAGAI BAG. KEGIATAN
•
REVIU KEGIATAN & BID-BID STUDI / BIDANG
PENGEMBANGAN YANG BERKAITAN
•
MENGORGANISASI BAHAN-BAHAN UNTUK MEMUDAHKAN DISTRIBUSI
& PENGGUNAAN
•
MENENTUKAN URUTAN KEGIATAN YANG DISAJIKAN DI KELAS
•
DISKUSI TINDAK LANJUT
CONTOH
PERKEMBANGAN KONSEP
• TEMA
: ZAT CAIR
•
ZAT CAIR DAPAT DITUANGKAN DARI SUATU WADAH KE WADAH
YANG LAIN
•
ZAT CAIR MENGAMBIL BENTUK SEPERTI WADAHNYA
•
ZAT CAIR DAPAT DIKELOMPOKKAN MENURUT CIRI-CIRINYA
•
BEBERAPA
ZAT CAIR LEBIH KENTAL DARI PADA YANG LAIN
•
ADA BENDA YANG LARUT DALAM ZAT CAIR DAN ADA YANG TIDAK
BERBAGAI
MODEL-MODEL PEMBELAJARAN YANG LAIN
•
Model Konstruktivisme
•
Model Pemecahan Masalah/Studi Kasus
•
Model Jigsaw
•
Model Kreatif & Produktif
•
Model Latihan Keterampilan
•
Model Simulasi & Bermain Peran
•
Dll
MODEL
KONSTRUKTIVISME
Landasan Teori
•
Siswa mengkonstruksi idea berdasarkan pengalaman dan
interaksi dng
sumber belajar
•
Hasil belajar dapat ditampilkan dengan berbagai cara.
Langkah :
•
Orientasi, Penggalian Idea, Restrukturisasi Idea,
Aplikasi Idea, Reviu, Membandingkan
Model
Pemecahan Masalah/Studi Kasus
Tujuan
•
Mengembangkan kemampuan analisis & memecahkan
masalah/mengambil keputusan
•
Topik nyata dalam kehidupan yang mempersyaratkan
pemecahan masalah
•
Evaluasi : proses kelompok & hasil pemecahan
masalah
LANGKAH-LANGKAH
•
Pendahuluan : orientasi pada masalah
• Kegiatan
inti :Sajikan kasus (peristiwa yang mengandung masalah untuk bahan
diskusi/analisis)
•
Pecahkan kasus dalam kelompok / secara individual
• Kegiatan
penutup : Menindaklanjuti hasil kelompok / individu
MODEL JIGSAW
• Landasan
Teori : belajar kolaboratif dan aktif, mhsw
dapat belajar dari teman
•
Topik : dapat dipecah menjadi 2-4 subtopik
•
Tujuan : menanamkan konsep melalui kerja sama
•
Langkah : kelas dibagi menjadi kelompok yang terdiri
dari 3-8 orang.
MODEL
PEMBELAJARAN KREATIF DAN PRODUKTIF
• Landasan
Teori : Belajar aktif, konstruktivistik, kolaboratif dan kreatif
•
Tujuan : Kemampuan memahami informasi, memecahkan
masalah & dampak pengiring, kerja sama, disiplin, mandiri.
•
Topik : dari bidang sosial, IPA, bahasa
•
Evaluasi : proses dan hasil
LANGKAH-LANGKAH
•
ORIENTASI
•
EKSPLORASI
•
INTERPRETASI
•
RE-KREASI
MODEL LATIHAN
KETRAMPILAN
•
Tujuan : Menguasai keterampilan tertentu (intelektual,
sosial, motorik)
Bentuk :
•
Teori-praktek (situasi nyata)
•
Simulasi
•
Bermain peran
MODEL BERMAIN PERAN
a. Tujuan :
Menghayati
situasi tertentu dan bertindak sesuai dengan situasi tersebut.
b. Topik :
Masalah
dalam kehidupan sehari-hari.
MODEL
BERMAIN PERAN
LANGKAH-LANGKAH
•
Menyajikan dan membahas situasi
•
Menyiapkan permainan
•
Bermain
•
Mengungkapkan pengalaman
TUGAS
KELOMPOK
•
Pilih satu kemampuan & topik yang akan dicapai /
disajikan dalam pelatihan
•
Pilih model pembelajaran yg paling sesuai dg kemampuan
dan topik tersebut.
•
Susun langkah-langkah pembelajaran
•
Berikan alasan mengapa langkah tersebut dipilih
No comments:
Post a Comment