SD N 02 Selokaton, Kec. Gondangrejo, Kab. Karanganyar, Prov. Jawa Tengah >>> ”TERWUJUDNYA SISWA SDN 02 SELOKATON YANG TAQWA UNGGUL HANDAL TANGGAP IPTEK DAN BERKARAKTER PANCASILA”>

Saturday, October 20, 2012

Merancang CCTV dengan memanfaatkan kamera webcam


Harga perangkat CCTV masih tergolong mahal. Untuk memasang CCTV dengan 4 kamera dan 1 decoder perekam diperlukan dana sekitar 3 jutaan. Masih mahal bukan? Berikut ada trik/cara merancang CCTV dengan memanfaatkan kamera webcam yang murah. Adapun alat dan bahan yang diperlukan yaitu :

Kamera webcam
Untuk keperluan kamera disarankan menggunakan kamera webcam yang mempunyai resolusi rendah. Hal ini bertujuan agar nantinya dalam penyimpanan hasil pada hardisk tidak memerlukan ruang yang terlalu banyak, sehingga dapat menghemat ruang pada hardisk sobat.

Unit PC
PC yang akan digunakan untuk keperluan CCTV ini harus siap bertahan selama 24 jam karena pc akan merekam gambar dari webcam sehari semalam. Jika sobat memerlukan waktu tidak sampai 24 jam, maka kerja pc akan semakin ringan, misalnya untuk keperluan sebuah warnet dimana cctv berfungsi untuk pengamanan perangkat komputer sobat dari gangguan tangan-tangan jahil dan tak bertanggung jawab. Juga bisa digunakan untuk mengintai keadaan parkiran di luar warnet sobat seperti yang saya lakukan, sob. 

Kabel USB Extender
 Kabel perpanjangan usb ini digunakan untuk kamera yang jaraknya jauh dari pc sehingga pada beberapa sudut ruang atau tempat-tempat tertentu bisa terjangkau oleh kamera. USB Extender yang ada di toko-toko biasanya hanya mempunyai panjang 5 meter atau 10 meter. Apabila sobat ingin lebih panjang lagi dapat merancang sendiri dengan memanfaatkan kabel UTP yang disambung ke kamera. Untuk tehnik penyambungannya disini.

Software
Dalam hal ini sobat dapat menggunakan salah satu dari beberapa software yang tersedia di pasaran, misalnya Webcam7.

Webcam7

Webcam7 merupakan software webcam surveilans yang bagus serta gratis. Software ini memungkinkan Sob untuk menghubungkan hingga 6 kamera, dan melihat video webcam dari internet. Juga mampu menunjukkan alamat IP, lokasi, dan informasi negara. Yang terbaru Webcam7 memungkinkan Anda streaming pakai webcam Anda ke iPhone.

Software ini 100% gratis tapi hanya digunakan untuk kepentingan pribadi, jika tertarik mencobanya, silahkan download dibawah ini.


Demikian cara merancang CCTV dengan memanfaatkan kamera webcam, smoga bermanfaat.  

No comments: