SD N 02 Selokaton, Kec. Gondangrejo, Kab. Karanganyar, Prov. Jawa Tengah >>> ”TERWUJUDNYA SISWA SDN 02 SELOKATON YANG TAQWA UNGGUL HANDAL TANGGAP IPTEK DAN BERKARAKTER PANCASILA”>

Wednesday, October 3, 2012

Uji Kompetensi Guru Tahap II

Posted by : Suryo Hanjono*
Rabu, 3 Oktober 2012


UKG Tahap II akan segera dimulai pada bulan ini, Oktober 2012. UKG Tahap II ini diperuntukkan untuk :
  1. Guru yang pada tahap I mendapatkan nilai di bawah 10.
  2. Guru yang pada tahap I mengalami kegagalan koneksi atau mengalami trouble pada sistem koneksinya.
  3. Guru yang diberikan tugas tambahan sebagai Kepala Sekolah.
  4. Guru yang diberikan tugas sebagai Pengawas.
Uji Kompetensi Guru Tahap II merupakan lanjutan dari tahapan sebelumnya. Bagi guru yang diberikan tugas tambahan sebagai Kepala Sekolah juga telah menempuh UKG Tahap I sebagai guru dan akan menempuh UKG Tahap II sebagai kepala sekolah. Sehingga para kepala sekolah sudah mendapatkan pengalaman berharga dari pelaksanaan tersebut dan diharapkan pada UKG Tahap II, para kepala sekolah akan mendapatkan nilai lebih baik dibanding dengan nilai pada Tahap I.

Lain halnya dengan Pengawas. Mereka baru akan melaksanakan UKG pada Tahap II. Pada UKG Tahap I, mereka tidak mempunyai kewajiban untuk mengikutinya. Sehingga bagi para pengawas, UKG Tahap II merupakan hal baru, tetapi dengan kisi-kisi sama dengan kisi-kisi UKG bagi guru. Oleh karenanya, sudah selayaknya para pengawas menyiapkan diri semaksimal mungkin agar kiranya hasilnya dapat memuaskan semua pihak terutama bagi peserta sendiri dan juga bagi institusinya serta lebih luas lagi bagi Kemendikbud selaku wakil dari pemerintah.


Dengan nilai kelulusan 70, peserta UKG harus benar-benar menyiapkan dirinya agar kiranya mendapatkan kelulusan yang diharapkan oleh semua pihak. Kepada siapa lagi masyarakat akan percaya terhadap dunia pendidikan jika kenyataan yang ada nilai UKG Tahap I yang diperuntukkan bagi para guru hanya mendapatkan nilai rata-rata 4,5 secara nasional)* walaupun pada pelaksanaan UKG Tahap I terdapat beberapa kendala misalnya soal yang tidak ada jawaban, option jawaban ganda, waktu yang terlalu singkat untuk jumlah soal 100 butir soal, tampilan yang gambar yang tidak muncul dan sebagainya. Oleh karenanya, mari kita tunjukkan dengan indikator nilai lulus pada UKG Tahap II ini.

Pelaksanaan UKG bagi guru (bagi yang telah lulus sertifikasi), kepala sekolah, pengawas sekolah mendapatkan berbagai tanggapan baik secara positif maupun negatif. Secara positif, pemerintah mendapatkan data otentik tentang peta kompetensi guru di setiap wilayah di negeri ini. Dengan peta kompetensi tersebut, pemerintah dapat merancang dan melaksanakan tindakan yang diperlukan guna meningkatkan kompetensi guru di setiap wilayah. Bagi guru bersertifikat pada UKG Tahap I tidak lulus, pemerintah telah menyiapkan berbagai cara diklat yang akan dilaksanakan pada tahun 2013. Dalam hal ini Kemendikbud mempunyai langkah-langkah nyata guna menyikapi hal tersebut. Secara negatif, pelaksanaan UKG mendapatkan beberapa protes yang datang dari lembaga maupun perorangan dengan berbagai alasan. Ada yang beranggapan bahwa pelaksanaannya tidak mempunyai dasar hukum yang relevan. Ada juga yang beranggapan bahwa pelaksanaan UKG menambah beban guru dalam pelaksanaan tugas dan kewajibannya. Pemerintah seakan tidak percaya terhadap pelaksanaan PLPG telah dilakukan oleh para guru. Pemerintah seakan tidak dapat menerima hasil kelulusan PLPG yang dikeluarkan oleh LPTK yang mempunyai kewenangan pelaksanaan PLPG.

Apapun alasannya, UKG tetap dilaksanakan pemerintah dalam hal ini Kemendikbud dengan tujuan mulia yaitu mengetahui kompetensi para guru, kepala sekolah, dan pengawas. Peningkatan mutu pendidikan menjadi dasar dari semua pelaksanaan UKG ini. Sehingga pemerintah akan dapat menjalankan tugasnya dalam penyelenggaraan pendidikan yang  bermutu bagi semua lapisan masyarakat. Mari kita sikapi pelaksanaan UKG ini dengan bijak agar berjalan lancar dan mencapai tujuan dan sasaran yang diharapkan. Setiap langkah yang kita lakukan, pasti ada manfaat yang dapat kita peroleh. Tingkatkan kompetensi kita sebagai guru yang mempunyai tugas dan tanggung jawab besar terhadap generasi penerus bangsa ini.

)* http://edukasi.kompas.com/read/2012/08/15/08133064/Nilai.Rata-rata.UKG.Gelombang.Pertama.4.5

*Guru Kelas IV SD N 02 Selokaton Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar, Prov. Jawa Tengah.

No comments: